Perbedaan Penggunaan A/AN/THE dalam Bahasa Inggris

Diposting pada
Advertisement

PERBEDAAN A/AN/THE DALAM BAHASA INGGRIS – Sebagai pelajar bahasa Inggris, banyak dari kita kadang menjadi bingung pada article yang terdapat dalam bahasa Inggris. Terlebih ketika bahasa tersebut bukan bahasa yang kita miliki atau sering kita gunakan sehari – hari. Namun, hal tersebut bukanlah alasan bagi kita untuk berhenti berlatih dan belajar mengaplikasikan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari – hari.

Grammar suatu bahasa memang dapat begitu membingungkan, tetapi jika kita terus berusaha mempelajarinya penggunaan artikel yang begitu triky bagi beberapa orang akan menjadi sangat mudah bagi kita. Intinya harus rajin berlatih dan terus mengulang pelajaran, bukan karna artikel terlihat begitu singkat maka kemudian kita menganggap pemahaman atas penggunaan artikel itu mudah sehingga sering mengabaikan pembahasa tentang artikel. Pada dasarnya, dalam belajar tidak ada bagian yang gampang dan dapat diremehkan. Setiap baba harus di pelajari dengan keseriusan yang sama.

Advertisement

Dibawah ini mari kita lihat penjelasan singkat tentang pengguaan artikel dalam bahasa Inggris;

Tiga macam article yang terdapat di dalam bahasa Inggris:

1. A yaitu artikel yang digunakan untuk menyebut benda tunggal yang di awali dengan huruf  konsonan seperti book, door, train dan lain – lain. Dan juga partikel A tidak boleh digunakan untuk benda yang dapat di hitung atau countable. Untuk lebih jelas mari kita lihat beberapa contoh di bawah ini:

I read a book saya membaca sebuah buku

I caught a train to London saya naik kereta api ke London

He was talking to a man dia sedang berbicara dengan seorang pria

She gave him a present dia memberikannya sebuah hadiah

I want to buy a new car saya ingin membeli sebuah mobil

 

2. An merupakan salah satu artikel dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyebutkan benda secara spesifik. Tidak dapat digunakan untuk menyebutkan benda plural, dan juga hanya dapat diletakkan didepan benda berhuruf  vokal. Contohnya sepert;

When i was at the zoo, i see an elephant ketika saya di kebun binatang, saya melihat se ekor gajah

Don’t act such an idiot person, please jangan bertingkah seperti seorang yang bodoh

I eat an eeg a day saya makan sebuah telur setiap hari

My mom eat an apple ibu saya makan sebuah apel

I look an ugly duck over there saya melihat se-ekor bebek yang jelek

 

3. The juga merupakan salah artikel dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menunjukkan benda yang spesifik, maksudnya yang mana pembicara dan pendengar tahu persis apa yang sedang di bicarakan. Kata the juga merupakan salah satu kata yang palign sering digunakan dalam berbahasa Inggris Contohnya;

The moon is so bright tonight bulan terlihat begitu terang

The Pope is visiting Russia Paus mengunjungi Russia

The Shah of  Iran was deposed in 1979 Shah Iran digulingkan pada tahun 1979

 

Hal penting yang harus di ingat:

Uncount noun:

    1. Tidak boleh gunakan a/an pada benda yang tidak dapat di hitung
    2. Tidak boleh meletakkan angka didepan benda yang tidak dapat dihitung contohnya seperti advice.
    3. Gunakan uncount noun tanpa artikel di depannya jika benda tersebut itu adalah umum

 

  • Gunakan The pada uncount nouns jika benda tersebut adalah benda yang spesifik atau spesial.

 

 

Count noun:

  1. Boleh meletakkan angka di depan count noun seperti; buah, baju dll
  2. Boleh meletakkan a/an pada count noun
  3. Artikel hanya bisa di letakkan di depan benda singular
  4. Gunakan the dengan benda yang dapat di hitung (digunkan ketika menyebutkan benda yang baik pembicara maupun pendengar mengetahui benda tersebut).

 

Bagaimana dengan pembelajaran kita hari ini? Apakah dapat dipahami dengan baik bukan? Teruslah dalami bahasa Inggris kalian agar kemampuannya semakin meningkat. Berikan sebuah challange untuk diri kalian sendiri dalam peningkatan bahasa Inggris yang signifikan. Misalnya, kalian akan memberi challange apda diri kalian dengan seminggu english intense learning, dan kemudian lihat perubahan apa yang kalian dapatkan setelah itu.

Memberi tantangan pada diri sendiri terkadang menjadi cara yang ampuh untuk menggapai sebuah keinginan. Setiap orang pastilah memiliki goalnya masing – masing. Jika goal kalian saat ini untuk menjadi master dalam bahasa Inggris kalian harus memberi usaha dalam menggapai goal tersebut. Percayalah kalian lebih hebar dari apa yang kalian bayangkan, kalian pasti bisa!

Advertisement
Advertisement