Perbedaan dan Penjelasan “How do you do vs How Are you” dalam Bahasa Inggris

Diposting pada
Loading...
Advertisement

PEBEDAAN HOW DO YOU DO DAN HOW ARE YOU DALAM BAHASA INGGRIS – Selama datang kembali belajar bersama kami. Seperti biasanya, kami pasti menghadirkan pembahasa – pembahasan baru yang pastinya berguna bagi kalian semua dalam belajar bahasa Inggris. Menjadi seorang pelajar berarti menjadi seseorang yang tidak pernah berhenti untuk ingin tahu dan mencari tahu. Oleh sebab itu, sebagai pelajar kalian harus terus mencari tahu perkembangan bahasa Inggris yang kiranya dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian.

Metode belajar sendiri atau otodidak bukan merupakan metode mustahil untuk seseorang menjadi sukses. Banyak pembelajar bahasa asing di luar sana yang memulai kiprah mereka dengan metode otodidak. Otodidak berarti belajar dan mencoba memhami segala hal sendiri tanpa ada tutor yang mengarahkan atau memberikan penjelasan. Hal ini menuntut seorang yang belajar secara otodidak menjadi lebih aktif dalam mencari juga daam bertanya. Seorang pelajar otodidak pastilaha kan mencari berbagai bahasan bahasa Inggris di internet atau buku – buku yang terdapat di perpustakaan, kemudian mereka mencoba memahami penjelasan tersebut sendiri sampai mereka paham betul maksud dari penjelasan tersebut. Jika tidak dapat memahami penjelasan yang tertera di internet atau buku, maka pembelajar otodidak akan di tuntut untuk menjadi lebih aktif  mencari cara untuk dapat memahmi penjelasan tersebut dengan segara.

Advertisement

Salah satu cara yang paling ampuh adalah mencari native speaker, berkomunikasi dengan mereka, dan meminta bantuan mereka untuk menjelaskan penjelasan yang tidak dapat kita pahami barusan. Tanpa kita sadari hal ini sudah memberikan kita keuntungan, keuntungan mendapat penjelasan sehingga kita dapat mengerti dengan jelas dan keuntungan kita dapat mengaplikasikan bahasa Inggris kita langsung dengan native speakernya. Dibawah ini mari kita lihat penjelasan sngkat tentang perbedaan How do you do dan How are you;

How do you dan How are you keduanya memiliki maksud dan artinya yang sama, hanya tingkat kesopanan yang terkandung di dalamnya yang membuat keduanya menjadi berbeda. Pada kesempatan kali ini kita akan melihat perbedaan antara keduanya;

How do you do; merupakan ucapan salam yang sangat formal digunakan dalam memulai sebuah percakapan. Salam ini tidak begitu sering digunakan pada kehidupan sehari – hari, biasanya digunakan ketika dalam urusan bisnis atau pertemuan dengan orang – orang penting seperti orang – orang yang menjalin kerja sama antar perusahaan. Dan sewajarnya  respon yang harus kita berikan ketika seseorang membuka percakapan dengan salam seperti ini adalah “How do you do” kita kembali mengucakapan How do you do namun dengan nada yang lebih ditekan sehingga menunjukkan perbedaan antara salam yang di berikan si pembicara kepada kita dengan respon yang kita berikan kemudian. Tidak hanya itu kita juga dapat memberi respon dengan “I’m pleased to meet you” atau “It’s very nice to meet you”.

 

How are you; merupakan ucapan salam (greeting ) dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan baik dalam konteks formal dan non formal. Namun, lebih serng kita jumpai dalam keadaan tidak formal. Salam ini lebih menunjukkan kepada pertanyaan tentang keadaan/ kesehatan seseorang pada saat percakapan itu terjadi. Sebagai pemberi respon kita dapat memberi respon yang standar saja, jangan terlalu detail menceritakan keadaan yang sedang kita hadapi saat ini. Respon yang dapat kita berikan seperti “I’m Fine thank you, how about you?” or “I’m fine thanks, and yourself?”. Beberapa greeting informal lainnya terdapat; hey, hai, heya, what’s up? What’s going on? How is the things?

 

Nah, bagaimana apakah kalian dapat menemukan perbedaan kecil yang terdapat diantara kedua greeting ini? Sebenarnya tidak ada perbedaan yang begitu signifikan pada keduanya, hanya saja tingkat keformalitasan yang terkandung didalamnya. Tetapi, tetap saja ada baiknya jika dalam keadaan yang begitu sangat formal kamu dapat menggunakan greeting yang tepat agar keunggulan bahasamu dapat di nilai bagus oleh lawan bicaramu.

Hal – hal kecil seperti ini jika diperhatikan dan di aplikasikan pada tempat yang tepat akan meingkatkan kualitas penguasaan bahasamu. Maka dari itu hal sekecil apapun harus menjadi prioritasmu dalam mempelajari sebuah bahasa, hal itu dapat menunjukkan seberepa seriuskah kamu dalam mendalami bahasa tersebut.

Advertisement
Advertisement