Pengertian, Rumus dan Contoh Present Perfect Continuous Tense

Diposting pada
Advertisement

Present Perfect Continuous Tense digunakan untuk mengungkapkan tindakan lanjutan atau tindakan yang sedang berlangsung yang dimulai di masa lalu dan dilanjutkan sampai sekarang. Akan ada referensi waktu, seperti “since 1980, for three hours, dan lain-lain” yang merupakan informasi sejak kapan tindakan tersebut dimulai. Keterangan referensi waktu ditemukan dalam kalimat berikut ini yang memberikan gagasan bahwa tindakan telah berlangsung terus-menerus dari satu titik waktu di masa lalu hingga masa sekarang. Referensi waktu adalah identitas Present Perfect Continuous Tense karena memberi tahu tindaka yang telah dimulai wari waktu tertentu di masa lalu. Misalnya, “He has been reading in this school since 2005”, yang artinya bahwa ia telah memulai pendidikannya di sekolah ini pada tahun 2005 dan ia belajad di sekolah ini sampai sekarang.

Sebagai catatan: jika tidak ada referensi waktu atau keterangan waktu maka itu bukanlah Present Perfect Continuous Tense karena tidak ada petunjuk tentang waktu kapan tindakan tersebut dimulai di masa lalu dan tampaknya hanya sebuah tindakan yang sedang berlangsung pada saat ini yang mirip dengan Present Continuous Tense. Jadi referensi waktulah yang membedakan Present Perfect Continuous Tense den Present Continuous Tense.

Advertisement

Aturan Present Perfect Continuous Tense adalah Auxiliary Verb dalam kalimat ini menggunakan “has been atau have been”. Bentuk kata kerjanya menggunakan Verb 1 dan ditambahkan present participle –ing di akhir katanya. “Since” atau ”for” digunakan sebagai acuan waktu dalam kalimat. Jika referensi waktunya persi seperti: 1995, 04:00 maka “since” digunakan sebelum kata referensi waktu dalam kalimat. Jika referensi waktu tidak diketahui dengan persis seperti: three hours, six years, four days, maka “for” digunakan sebelum kata referensi waktu dalam kalimat. Referensi waktu seperti 3 haours atau 5 days tidak diketahui persis karena kira tidak tahu apakah sekitar tiga jam sehari atau sekitar 5 hari dalam sebulan yang diceritakan dalam kalimat.

Anda juga bisa munggunakan Present Perfect Continuous Tense tanpa durasi seperti “ for two weeks”. Tanpa durasi, kalimat ini memiliki arti yang lebih umum seperti “lately” kita sering menggunakan kata “lately” atau ”recently” untuk menekankan makna itu. Misalnya: Recently, I have been feeling really tired.

Kalimat Positif (Positive Sentence)
Jika subjeknya “He, She, It” maka kata kerja tambahannya adalah “has been” ditambahkan setelah subjek dalam kalimat. Jika subjeknya “I, You, We, They” maka kata kerja tambahannya adalah “have been” ditambahkan setelah subjek dalam kalimat.
Rumusnya adalah:

  • Subject + Auxiliary Verb + Main Verb (Present Participle) + Object + Time Reference
  • Subject + Has/Have + Been + Verb 1 + Ing + Object + Time Reference

Sebagai contoh:

  • You have been waiting here for two hours.
  • She has been studying since 3 O’clock.

Kalimat Negatif (Negative Sentences)
Untuk membuat kalimat negatif, kata “not” ditempatkan di antara kata kerja bantu, sehingg menjedi “has/have not been”.
Rumusnya adalah:

  • Subject + Auxiliary Verb + Not + Auxiliary Verb + Main Verb (Present Participle) + Object + Time Reference
  • Subject + Has/Have + Not + Been + Verb 1 + Ing + Object + Time Reference

Sebagai contoh:

  • You haven’t been waiting here for two hours.
  • She hasn’t been studying since 3 O’clock.

Kalimat Interogatif (Interrogative Sentences)
Rumusnya adalah:

  • Auxiliary Verb + Subject + Auxiliary Verb + Main Verb (Present Participle) + Object + Time Reference
  • Has/Have + Subject + Been + Verb 1 + Ing + Object + Time Reference

Sebagai contoh:

  • Have you been waiting here for two hours?
  • Has she been studying since 3 o’clock?

Kalimat Interogatif Negatif (Negative Interrogative Sentences)
Rumusnya adalah:

  • Auxiliary Verb + Not + Subject + Auxiliary Verb + Main Verb (Present Participle) + Object + Time Reference
  • Has/Have + Not + Subject + Been + Verb 1 + Ing + Object + Time Reference

Sebagai contoh:

  • Haven’t you been waiting here for two hours?
  • Hasn’t she been studying since 3 o’clock?
Advertisement
Advertisement