Contoh, Struktur dan Cara Membuat Presentasi Yang Baik dan Benar dalam Bahasa Inggris

Diposting pada
Advertisement

Selamat datang kembali di ruang belajar kami, seperti biasa kami akan memberikan artikel – artikel yang berisi informasi dan ilmu yang bermanfaat bagi teman – teman sekalian. Pembahasan kita hari ini adalah bagaimana membuat presentasi yang baik dan benar dalam bahasa Inggris. Presentasia adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi, presentasi merupakan kegiatan pengajuan topic, pendapat atau informasi kepada orang lain yang biasanya di lakukan dalam ruangan. Tidak hanya pada kegiatan belajar presentasi sendiri sering kita temukan pada dunia kerja. Presentasi dilakukan untuk menunjukkan pendapat kita didepan banyak karyawan yang dituntut untuk mendapatkan ide – ide dan inovasi baru bagi kelangsungan kesejahteraan perusahaan.

Dalam dunia pendidikan, presentasi sering dilakukan secara berkelompok. Agar penyampaiannya lebih jelas bagi audiens lainnya, persentasi erat kaitannya dengan Laptop, infocus, dan papan tulis putih. Sekarang mari kita lihat beberapa cara mudah untuk membuat presentasi dalam bahasa Inggris;

Advertisement

Langkah pertama; hal pertama yang ahrus kita lakukan dalam presentasi adalah pembukaan. Pembukaan dalam presentasi biasanya diawali dengan sapaan Selamat pagi;

Good Morning Ladies and gentleman, thank you for having me today in this event..

Assalamualaikaum wr.wb. my dearest friends…

Pembukaan semacam diatas adalah hal yang paling umum yang pasti akan dilakukan semua orang ketika mereka membuka presentasi.

Langkah kedua;  selanjutnya kamu harus memperkenalkan anggota kelompok dan nama kelompokmu (jika memang ada). Hal ini sangat penting karena ketika audiens mengenal nama dari setiap anggota kelompok maka berarti mereka memberi perhatian yang lebih terhadap penampilan kita. Dan penampilan yang dapat di ingat oleh audiens berarti penampilan yang sukses.

Let me introduce myself, my name is Lala I’m from Group number 2….

Sebelumnya saya akan memperkenalkan disi, saya Lala dari kelompok 2

Let me and my partners introduce ourself, we are from Group number 2…

Pertama – tama izinkan saya dan teman – teman memperkenalkan diri, kami dari kelompok 2.

Langkah ke tiga; pada tahap ini jelaskan maksud kamu dalam presentasi ini;

In this presentation I would to talk about…

Dalam presentasion ini saya akan membahas

Dalam presentasi ini saya akan membahas..

In this oppoturnity, we will talk about some issues…

Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahasn tentang…

Contoh singkat; So, we realize that not everyone knows and have been wondering about what is and how is Panda Diplomacy( jadi, kita sadar bahwa semua orang tahu dan sudah bertanya – tanya tentang apa itu Doplomasi Panda). Extraordinary isn’t it? A Panda to do diplomacy(Sangat luar biasa, bukan? Seekor panda melakukan diplomasi). How can this be? That’s why we here today to tell you what it is and all you might want to know about Panda Diplomacy(bagaimana ini bisa terjadi? Karna itulah kami di sini hari ini untuk menjelaskan pada saudara sekalian apakah itu panda diplomasi dan segala hal yang harus saudara – saudara sekalian ketahui tentang doplomasi panda). Let’s start with how it began (Mari kita mulai dari bagiamana diplomasi ini dimulai).

Langkah ke-empat; kemudian masuk ke dalam sesi tanya jawab.  Setelah menjelaskan semua isis dari pemabahasan presentasi yang sudah ditulis dan dibahas bersama teman – teman kelompok sebagus mungkin, maka sampailah pada sesia tanya jawab pada akhirnya. Sesi tanya jawab berguna bagi sebuah presentasi karena dapat memberi masukan dan pembahasa yang lebih mendalam terhadap topik yang sedang dibicarakan.

Any Question?

Apakah ada pertanyan?

Just feel free to ask us about our topic, we will try to give the best answer for all of you.

Kalian boleh bertanya apa saja mengenai topic kami, kami akan berusaha memberikan jawaban yang terbaik untuk kalian semua.

Langkah Ke-lima;  Setelah menjelaskan isi presentasi dan menjawab semua pertanyaan dalam sesia tanya jawab atau dapat dikatakan juga sesi diskusi, saatnya untuk mengambil kesimpulan dari pembahasa yang kalian presentasikan. Kesimpulan adalah hal terpenting karena dapat memberikan intisari singkat yang dapat diingat dengan mudah oleh para audiens.

In conclution..

Jadi, kesimpulannya..

To sum up..

Dapat kita simpulkan..

In summary…

Jadi, kesimpulan kami…

Langkah ke-enam; Kemudian kita sampai pada tahap penutupan. Ini merupakan hal terpenting, karna akan terasa sangat janggal ketika sebuah presentasi tidak diberi penutup, kelompok presentasi tidak bisa angkat kaki begitu saja dari hadapan para audiens yang sedari tadi menyimak baik – baik isi presentasi.

Thank you for your attention..

Terimakasih atas perhatiannya…

Thank you very much for your great attention, ladies and gentleman..

Terimakasih banyak atas perhatian teman – teman sekalian..

Begitulah penjelasan singkat tentang cara membuat presentasi dalam bahsa Inggris. Semoga penjelsan di atas dapat membantu teman – teman sekalian dalam menyusun bahan presentasi dalam bahasa Inggris. Tidak ada yang sulit jika kita ingin berusah, bukan? Jangan lupa untuk kembali ke ruang belajar kami karna kami akan menyediakan bahan – bahan pembelajaran bahasa Inggris yang sangat amat berguna bagi teman – teman sekalian. Selamat belajar~

Advertisement
Advertisement