Contoh Percakapan Bahasa Inggris Expressing Satisfaction and Dissatisfaction

Diposting pada
Loading...
Advertisement

PERCAKAPAN DALAM BAHASA INGGRIS TENANG SATISFACTION DAN DISASTIFACTION – Biasanya seseorang yang bekerja di bagian pelayanan masyarakat adalah orang yang paling banyak mendengar keluahan. Baik keluhan puas atau bahakan kecewa. Masing – masing idividu memang sangatlah berbeda, ada beberapa orang menggunakan bahasa sopan dalam mengutarakan perasaan baik puas atau pun tidak puas mereka. Sebagian lagi menggunakan kata yang tidak sesuai atau cenderung kasar ketika mereka kurang puas dan tidak memberikan kata – kata terimakasih ketika mereka merasakan puas.

Fenomena seperti ini adalah fenomena yang lumrah kita jumpai di lingkungan kehidupan. Sebagai seorang pekerja, kesabaran yang lebih adalah skill utama yang di tuntut dalam menjalani pekerjaan mereka. Terlebih saat ini sedang di dalam suasan bulan Ramadhan dimana kita tidak  hanya menagan lapar dan dahaga ketika berpusa namun juga menahan emosi. Maka jika fenomena ini terjadi berusalah untuk belajar bersabar lebih banyak lagi.

Advertisement

Satisfaction:

A: I’m so hungry, do you want to get some lunch? Aku sangat lapar, apakah kamu ingin makan siang?

B: Yeah sure,I really hungry too. I’m not bring my lunch today. Ya tentu, aku juga lapar. Aku tidak bawa bekal makan siang hari ini.

A: all right then, shall we go now? Baik kalo baegitu, kita pergi sekarang?

B: Ok. You choose the restaurant ok? Ok, kamu yang pilih restaurannya ya?

A: Nah, You choose.. whatever you wanna eat I’ll follow. Tidak, kamu saja yang milih. Apapun yang ignin kamu makan saya akan ikut.

B: what about steak?  You like steak aren’t you? Bagaimana dengan steak? Kamu suka steak, kan?

A: Nice choice, Let’s go.. pilihan yang tepat.. ayo kita pergi.

B: Here we are… kita sudah sampai.

Reseptionist: can I help you sir? Ada yang bisa saya bantu?

A: two steak size large please.. saya pesan dua steak prosi besar dua porsi.

Reseptionist: what you like to drink?  Minumannya pak?

B: Mango juice please.. tolong berikan saya jus mangga.

A: make the same please.. saya juga pesan minuman yang sama.

Reseptionist: ok sir, right away.. baik pak pesanannya akan segera tiba.

(eating  food) sedang makan

B: How is it? Bagaimana?

A: nice choice. It’s really tasty. I’m really satisfied… pilihan yang tepat, rasanya sangat enak. Aku sangat puas..

B: I’m glad to hear that. When the first time I came here, I know this is the place that I need to safe in my list. Syukurlah kalau kamu suka. Ketika pertama kali aku datang ke sini, aku langsung menjadikan tempat ini sebagai tempat langganan.

A: seems like I’m going to do the same thing. Seperti aku juga begitu.

 

Dissatisfaction:

A: welcome in smart vision can  help you sir? Selamat datang di Smart Vision, ada yang bisa saya bantu pak?

B: Ya, I wanna make some complaint toward you service. Ya, saya ada keluhan dengan peyanan kalian.

A:Ok, sir can you tell me what trouble did you get? Baiklah ak, bisa anda jelaskan apa masalahnya?

B: I’m taking the package for all channels two weeks ago, but most of the channel not shown properly. Saya ambil paket untuk semua channel dua minggu yang lalu, tetapi banyak dari channel yang tidak muncul dengan sempurna di layar kaca.

A: We are relly sorry sir, can you tell me your name I’ll checking you account. Kami mohon maaf  Bapak, bisakah anda memberikan identitas anda, kami akan memeriksa akun anda.

B: Mr.B bapak B

A: ok sir, please give me a moment to check. Baik bapak, saya akan memeriksa akun anda sebentar ya.

 

A: We are really sorry sir, our system is under repair. That might be the reason of  your trouble. Kami begitu minta maaf Bapak, sistem kami sedang dalam perbaikan. Itu yang menjadi alasan mengapa gambar tidak muncul dengan sempurna.

B: so when it can be eligible again. Please fix it as soon as you can. I’m really dissatisfied with this. Jadi, kappa ini bisa baik kembali? Tolong perbaiki secepat mungkin. Saya sangat merasa kecewa dengan ini.

A: Don’t worry sir, we will put all of our effort to fix it.  Janga khawatir pak, kami akan berusaha secepat mungkin untuk memperbaikinya.

B: Ok, I understand  the condition, please tell me when it fixed. Ok, saya mengerti dengan kondisinya, tolong hubungi saya jika sudah baik kembali.

A: I understand sir, once again we apologize about this mistake. Baik Pak, sekali lagi kemi mohon maaf atas kesalahan ini.

B: ok, I understand it.  Baiklah, saya mengerti.

 

Sebagai seorang yang berpendidikan, seharusnya kita dapat menyampaikan pendapat kita baik puas ataupu kecewa dalam bentuk kalimat yang sopan agar lawan bicara tidak sakit hati atau merasa tersinggung. Ucapakan kata terimkasih ketika seseorang sudah memberikan jasanya kepada kit, terlepas “memeberikan jasa” adalah pekerjaan mereka, tetapi tetap saja kata ‘Terimaksih” adalah kata yang paling baik dalam menghargai seseorang. Begitu juga ketika kita merasa kecewa, jangan biarkan kekecewaan itu memakan akal sehat kita dan hanya meninggalkan emosi yang membara – bara. Dalam keadaan se-kecewa apapun tutur bahasa harus tetap di jaga, saling menghormati sesama makhluk hidup adalah hal yang paling mulia di mata Allah.

Advertisement
Advertisement