Contoh Percakapan atau Dialog Singkat Expressing Apologize ( Permintaan Maaf )

Diposting pada
Advertisement

PERCAKAPAN EKSPRESI APOLIGISE DALAM BAHASA INGGRIS – Permintaan maaf adalah sebuh uangkapan yang di lontarkan oleh seseorang untuk orang lain dalam keadaan dimana salah satunya berada pada posisi bersalah/ melakukan kesalahan. Ekspresi ini lumrah untuk di lontarkan siapa saja di dunia ini, manusia sehebat apapun pastilah berhak dan harus meminta maaf  jika mereka jelas melakukan kesalahan. Permintaan maaf juga tidak hanya di lakukan dengan lontaran kata – kata saja. Beberapa orang membumbui permintaan maaf mereka dengan beberapa perlakuan istimewa yang dapat menarik hati seseorang tersebut agar dapat melupakan segala kesalahannya. Meminta maaf juga bukanlah membuktikan kita kalah atau pecundang, berani  bertanggung jawab atas kesalahan yang kita perbuat itu berarti kia seorang yang bijaksana.

CONTOH SATU:

Advertisement

A: Hei B, what are you doing? Hei, B kau sedang apa?

B: Not your business. Bukan urusanmu

A: you still mad at me? Kau masih marah padaku?

B: how do I look like? Can’t you judge by yourself? Gimana keliatannya? Tidak bisa lihat sendiri?

A: I know I was made a big mistake, I come here beg your apologise. Aku tahu aku sudah buat kesalahan, aku datang kesini untuk meminta maaf.

B: You don’t have to, I have forgiven you and block you from my list. Tidak perlu minta maaf, aku sudah memaafkanmu dan tidak menganggapmu lagi.

A: B, how many times I have told you everything, I don’t mean to do that. It’s just a mistake. B, berapa kali sudah aku jelaskan, aku tidak bermaksud untuk melakukannya. Ini hanya kesalahan.

B: What ever you call it.  You can leave now. Terserah kamu mau bilang apa, tinggalkan aku sekarang.

CONTOH DUA:

A:  Do you know what time is it now? Apakah kamu tahu jam berapa sekarang?

B: Yes Mam, it’s 8:30. Ya, Bu. Jam 8:30

A: So what bring you so late today in my class, anything yo want to complain about? jadi kenapa kamu telat di kelas say, ada hal yang tidak kamu sukai?

B: No Mam, I don’t have anything to complain about because I’m not planning to be late. Tidak ada Bu, tidak ada hal yang tidak saya sukai karena saya tidak sengaja datang telat.

A: So what kind of excuse you will tell me right now?  Jadi apa alasa yang akan kemu berikan pada saya sekarang?

B: I woke up late this morning Mam, so I stucked on th traffic jam for almost 1 hours. I’m so so sorry Mam, I’m sorry for interrupted your class. Saya bangun terlambat pagi ini Bu, jadi saya terjebak macet hampir satu jam. Saya sangat minta maaf, saya sudah menganggu jam belajar anda.

A: Why you woke up late then? Kenapa kamu bangun terlambat?

B: I’m helping my Mom. We run a small restaurant to provide out dailylife, so last night we closed at 2 A.M. that’s why I woke up late this morning. Saya membantu ibu saya. Kami punya restaurant kecil untuk membiayai hidup kami, jadi kemarin malam kami tutup jam 2 malam. Itulah mengapa saya bangun terlambat pagi ini.

A: Apoligize accepted. You work hard to earn money, you need to work double in yur study. That’s how you can pay off all the effort in the future. Permintaan maafmu diterima. Kamu bekerja keras mencari nafkah, kamu juga harus kerja dua kali lebih keras untuk pendidikanmu. Dengan begitu kamu bisa membalas semua pegorbananamu sekrang di masa depan.

B: I understand Mam, thank you and once again I really sorry about today, I promise I never do it again. Saya mengeti Bu, terimakasih dan sekai lagi saya minta maaf untuk hari ini, saya berjanji tidak akan mengunlanginya lagi.

A: All right, go find your seat quickly. Baiklah, cari tempat dudukmu.

 

Perminta maaf terjadi dalam banyak situasi yang menimbulkan kesalahan pahaman. Namun, tidak hanya kesalah pahaman, ketika kita meyakini bahwa ada hal yang tidak menyenangkan hati seseorang maka saat itulah kita patut meminta maaf. Dalam keadaan yang merugikan seseorang seperti; kecelakan lalulintas yang merugikan seseorang karna kendaraannya rusak, atau terlambat datang dalam sebuah perjanjian temu, hal tersebut merupakan hal yang merugikan maka kita harus meminta maaf. Semoga beberpa contoh percakapan di atas dapat membantu memperluas kemampuan bahasa Inggris kamu menjadi semakin baik lagi. Selamat belajar semuanya~

Advertisement
Advertisement