Contoh Percakapan ASKING FOR HELP Meminta Pertolongan dalam Bahasa Inggris & Artinya

Diposting pada
Advertisement

CONTOH DIALOG BAHASA INGGRIS MEMINTA PERTOLONGAN – Dalam meinta pertolongan siapa saja kita diwajibkan untuk berbicara dengan penuh sopan – santun. Meminta tolong berarti meminta kesedian seseorang untuk membantu kita secara suka rela tanpa pamrih, hal ini merupakan salah satu interaksi sosial yang terjadi dengan natural pada setiap manusia, namun bukan berarti kita harus melupakan tatakrama dalam meminta bantuan.

Nah, hari ini kita akan melatih membuat dialog dalam situasi meminta bantuan kepada orang lain. Baik kepada teman dekat ataupun kolega kerja. Apakah teman – teman sekalian sudah siap untuk mulai belajar kembali bersama kami hari ini? Ayo kita mulai~

Advertisement

CONTOH SATU:

A: Can you help me plan the office party? Bisakah kamu membantu saya untuk mempersiapkan pesta untuk perusahaan?

B: Sure. What do you need the most help with, the food or entertainment? Tentu saja. Kamu butuh pertolongan apa, makanan atau hiburan?

A: I need help with food. Saya butuh bantuan untuk makanan

B: OK, well, let’s coordinate our efforts. Should this party be formal or casual? Baiklah, ayo kita bicarakan lebih spesifik. Apakah pesta ini formal atau casual?

A: I think it should be casual. Aku rasa ini lebih casual.

B: I agree. Next, we have to decide on food. We have a choice of Chinese or Continental Cuisine. Which one should we have?  Saya setuju. Kemudian, kita harus memutuskan satu jenis makanan. Kami punya pilihan makanan China atau makanan continental. Kamu mau yang mana?


A: I would prefer Chinese food for this party. Aku lebih memilih makanan China di pesta ini.

B: Perfect choice. For music, should we have a live band or a DJ? Pilihan yang sempurna. Untuk music, apakah kita harus menghadirkan blive band atau DJ?

A: I think we should hire a live band. Aku fikir kita harus menyewa band.

B: OK then. Well, I will work on my part and get back to you with my progress on Friday. Baiklah kalau begitu. Jadi, aku akan kerjakan bagianku dan akan menemuimu kembali hari jumat.

 

CONTOH DUA:

A: I need help with the office party. Aku butuh bantuan dengan pesta di kantor.

B: Yes, of course. We could split it. What part would you like to do, the food or the entertainment? Ya, tentu aku bisa tolong. Pakah kita harus membagikannya?  Kamu lebih memilih mengurus bagian apa?

A: I have no idea what the entertainment should be. Aku tidak punya ide untuk bagian hiburan.

B: Let’s make sure we are on the same page. Do we want a formal or informal gathering? Baik, ayo kita sepakati dulu ide kita. Apakah kita inging pesta yang formal atau informal?

A: Let’s make it a formal affair. Kita buat saja yang lebih formal.

B: Yes, that would be best. Now, for food should we have Chinese or American food? Ya, itu pilihan yang lebih bagus. Sekarang, untuk makanan apakah kita harus menyediakan makanan China atau Amerika?


A: American food would be the best choice. Menu makanna Amerika akan menjadi pilihan yang lebih tepat.

B: That would be great. What kind of music would you like, a band or recorded music? Ya itu pilihan yang tepat. Musik apa yang lebih kamu sukai, band atau hanya rekamana musik saja?

A: We should bring in a really good DJ. Kita harus menyewa DJ yang sangat bagus.

B: That works for me. Let’s see what we can each do about planning our part and meet again on Friday. Baiklah, yao kita kerjakan bagian kita masing – masing dan betemu lagi di hari Jumat.

 

CONTOH TIGA:

A: Good Morning, This A who’s speaking of there. Selamat pagi. Ini dengan A dengan siapa disana?

B: Hey A, it’s me B. I call you by my mom’s phone. Hai A, ini aku B. aku menelfonmu dari hp ibuku.

A: Oh, you. Hey B what’s up, what’s going on with your personal phone. Oh kamu ternyata, hei B,ada masalah apa dengan ponsel?

B: I run out of  battery. I need your help.. aku kehabisan baterai. Aku butuh bantuanmu.

A: Are you ok? I’ll help you right away, where are you now? Apakah kamu baik – baik saja? Aku akan membantu kamu sekarang, dimana kamu sekarang?

B: No, I’m ok A. I juts need your help to fix my website. Aku baik – baik saja, aku butuh bantuanmu untuk memperbaiki websiteku.

A: Your onlineshop website? What’s wrong?  Website onlineshopmu? Ada masalah apa?

B: I don’t know it  suddenly does’t work. I can’t upload my new product and even contact my customer at all. Aku tidak tahu, tiba – tiba tidak bisa berfungsi. Aku tidak bisa memasukkan produk baru dan bahkan tidak dapat menghubungi pembeliku.

A: Ok, first I want you t calm down, because this is not the end of your business. Ok, pertama – tama aku ingin kau tenang, karena ini bukan akhir dari bisnismu.

B: This is disaster A… ini musibah A…

A: no this is not, you just need to wait for 2 hours. I’ll off from office at 6 p.m. I’ll meet you right away. Ini bukan musibah, tunggu selama 2 jam lagi. aku akan selesai kerja pada jam 6 sore. Aku akan segera ketempatmu.

B: Ok, I will wait for you. You are my only hope, you’re the best IT I ever have. Ok, aku akan menunggumu. Kamu adalah harapanku satu – satunya, kamu IT terbaik yang pernah aku punya.

A: Hahahahah, easy friend we will figure it out, your website just will be ok. Hahahah, tenang teman kita akan meperbaikainya, wevsitemu akan baik – baik saja.

B: Ok, see you soon. Ok, sampai jumpa nanti.

 

Semoga contoh dialog sederhana diatas dapat menjadi inspirasi kalian dalam membuat contoh dialog lainnya. Semoga kami dapat membantu teman – teman sekalian dalam belajar bahasa Inggris. Kalian bisa merubah dialog “permintaan tolong” diatas dengan situasi yang kalian inginkan. Lebih baik lagi jika kalian langsung menerapkannya ke dalam kehidupan nyata ketika meminta seorang teman anggota keluarga, atau siapapun dalam bahasa Inggris. Akan menjadi cara terbaik untuk melatih bahasa Inggris kalia semua.

Advertisement
Advertisement