Contoh Dialog Percakapan Bahasa Inggris di Pasar Tradisional dan Artinya

Diposting pada
Advertisement

DIALOG DALAM BAHASA INGGRIS DI PASAR TRADISIONAL – Berbicara tentang pasar tradisional pastilah sangat melekat di ingatan kita gambaran pasar yang berada di tempat terbuka, bukan didalam sebuah gedung, jauh dari pendingin ruangan atau lampu – lampu yang berkelipan. Pasar tradisional memang sudah mulai memudar eksistensi setelah banyak gedung – gedung pusat pembelanjaan yang lebih modern di bangun di setiap sudut kota. Bagi Negara seperti Indonesia, pasar tradisional dapat di asumsikan sebagai salah satu tempat yang dapat membantu ekonomi rakyat menengah kebawah.

Selain tempat sewanya yang tidak begitu mahal, pasar tradisional juga lebih terlihat down to earth dan mengajarkan kita bersosialosasi dengan baik satu sama lain. Berbicara tentang pasar kali ini kita akan melihat beberapa contoh percakapan yang mungkin saja bisa terjadi di dalam pasar;

Advertisement

 

CONTOH SATU:

A: Can I help you, Mam? ada yang bisa saya bantu?

B: I am looking for pants for my kids, he is 9 years old now. Saya sedang mencari celana untuk anak lelaki saya yang berusia 9 tahun.

A: Oh, what kind of pants do you like, Mam? celana seperti apa yang anda suka?

B: Anything that fit in 9 years old boy. Model apa saja yang cosok untuk anak lelaki usia 9 tahun.

A: What about this blue one. Bagaimana dengan warna biru ini?

B: Blue is not his favorite colour. Biru bukan warna favoritenya.

A: Oh, so what about the brown one? Oh, bagaimana dengan warna coklat?

B: Oh brown looks cute. Oh, warna coklat keliatannya cantik

A: Yeah, do you think it’s gonna fit on him? Ya, apa anda fikir ini akan muat dengannya?

B: Yeah, he is has average body. Ya, dia punya badan yang seperti pada umumnya.

A: I’ll take it. Baiklah say ambil yang ini.

B: Ok, Mam. I will wrap it for you.  Baik bu, asaya akan bungkuskan ini untuk anda.

 

CONTOH DUA:

A: How much is it? ini berapa harganya?

B: it’s 50.000 Rupiah/ kilogram. 50 ribu per/kilogram.

A: can’t you give discount?  Tidak bisakah kamu memberi diskon?

B: Sorry Mam, this strawberry is fresh from the farm. It is just arrived this morning we can’t give you discount. Maaf Bu, strawberry ini masih segar karna baru saja di petik dan diantarkan tadi pagi, kami tidak bisa memberikanmu potongan harga.

A: So if buy 5 kilogram can you give a little bit discount? Jadi, jika aku membeli 5 kilogram apakah bisa diberi potongan harga sedikit?

B: Ok then, we will give you discount because you buy more than 1 kilogram. Baiklah, kami akan memberlikanmu potongan harga karna kamu memberi lebih dari satu kilogram.

A: Thank you verymuch. Anyway I make cakes, so I need fresh strawberry supplier every week, do you think you can be my supplier? Terimakasoh banyak. Ngomong- ngomong aku membuat kue, jadi aku membutuhkan pemasok strawberry segar setiap minggunya. Pakah kalian bisa menjadi pemasokku?

B: of course, Mam. we can provide you fresh strawberry every week, leave your cotact here so we can notify you every time our supply arrive. Tentu saja, Bu. Kami bisa menyediakan starw=bery segar setiap minggu, tinggalakan kontak anda disini jadi kami bisa menghubungi setiap kali kami memasok strawberry.

A: Ok, Thank you. Terimakasih.

B: You welcome Mam. sama – sam, Bu.

 

Semoga beberapa contoh diatas datap membantu kalian dalam membepalajari bahasa Inggris otodidak. Smeoga  dapat menjadi sumber yang sangat berguana bagi teman – teman semua dan jangan lupa untuk kembali ke ruang belajar kami karena kami akan selalu menyediakan pembahasan yang kalian butuhkan. Dan kami berharap melalui tema – tema yang kami sediakan dapat memberikan hal – hal positif kepada anak – anak muda yang merupakan generasi penerus bangsa.

Seperti pembahasan kita hari ini tentang pasar tradisional, semoga banyak dari kalian yang masih menggunakan jasa pasar tradisional sebagai salah satu penyedia kebutuhan kalian sehari – hari. meski kehidupan sudah semakin maju dan modern tidak ada salahnya jika kita tetap menghidupkan pasar – pasar tradisional tetap beroperasi di tengah – tengah kehidupan masyarakat. Pasar tradisional adalah salah satu cara kita untuk membantu ekonomi masyarakat menengah ke bawah stabil dan tidak krisis. Sehingga Negara kita pelan – pelan bangkit dari yang namanya kemiskinand, tidak mendapat pendidikan yang layak karena terbentur dengan biaya, siapa lagi yang akan memperbaiki perekonomian Negara jika tidak kita sendiri sebagai warga Negara Indonesia yang baik.

Sekai lagi semoga contoh dialog diatas dapat membantu pembelajaran kalian dan semangat terus belajar.

Advertisement
Advertisement