Contoh Dialog atau Percakapan Bahasa Inggris Tentang Memberi Kritikan Terbaik

Diposting pada
Advertisement

Kritikan merupakan sebuah kegiatan yang wajar yang setiap orang pasti dapatkan atau lakukan. Ketika sering mendapatkan kritikan terhadap apa yang kita lakukan atau bagaimana cara kita bersikap, melalui kritikan pastilah kita dapat belajar dna kemudian memperbaiki hal yang salah menjadi benar dan wajar. Kritikan yang membangun memang sangat berpengaruh dalam perkembangan kreatifitas seseorang, dalam memberi kritikanpun kita harus mengetahui batas – batasa bahasa sopan yang pantas kita kelurkan, karna kritikan yang tidak hati – hati hanya akan menjatuhkan semangat dan harga diri seseorang tersebut.

Nah, pada kesempatan ini kita akan melihat bagaimana cara memberi kritikan yang tidak menjatuhkan semangat seseorang dengan beberapa contoh dialog singkat;

Advertisement

DIALOG SATU;

A: What are you up to? Kamu sedang ngapain?

B: Nothing much, I’m writing for my private  blog. What do you think? Gak ada, sedang nulis untuk blog pribadiku. Bagaimana menurutmu?

A: Well, let me see….. Wow your blog already reach a lot of viewers, it’s really nice. Coba aku lihat… wah blogmu sudah banyak di lihat oleh orang banyak ya. Ini bagus sekali.

B: Thank you, It is not easy to reach this level you know, I need to learn how to write interestingly everyday so my viewer wont feel bored looking at my blog. Terimakasih, tidak mudah untuk mencapai level inim aku butuh belajar bagaimana menulis dengan menarik setiap hari agar pembacaku tidak bosan melihat blogku.

A: Your writing skill is really amazing, I can’t more agree about that. You have reviewed every movie clearly start from the background of the cast. I think this is interesting. I find it help full to look abou the director background too. Kemampuan menulismu benar – benar sangat luar biasa. Aku sangat amat setuju dengan hal itu. Kamusudah mengulas setiap film dengan jelas dimulai dengan profil paara pemainnya. Aku rasa ini sangat menarik. Tapi aku fikir akan lebih bagus lagi jika kamu emnambahakan profil sutradaranya juga.

B: Oh, you think? Ok, I will try to put the director profuile next time. My first time being criticize for my work. Ok, begitukah? Aku akan menulis profil strudara di lain waktu. Ini kali pertama aku mendapatkan krikan untuk tulisanku.

A: Oh, I’m sorry I don’t mean to make you feel bad. Maaf, tidak bermaksud untuk menyinggung perasaanmu.

B: No, not at all, that’s what I need for sure. A health critic to grow me up. Tidak, kamu tidak menyingung perasaanku sama sekali, justru ini yang aku butuhkan. Kritikan yang sehat untuk membuatku terus bangkit.

CONTOH DUA;

A: Your singing skill is improve a lot. It is really nice for you you know that, aren’t you?  Kemampuan kamu bernyanyi meningkat dengan pesat ya. Itu sangat bagus untukmu kau tau itu kan?

B: Yeah, I’m working hard for this. ya, aku bekerja keras untuk ini.

A: People will helping you to stay in this competition if you keep up your skill. How many times you practicing a week? Pemirsa akan membantumu untuk bertahan di kompetisi ini jika kamu terus meningkatkan kemampuanmu. Berapa kali kamu latihan setiap  minggunya?

B: Everyday two hours at night. That’s my coach regulation. Dua jam di malam hari setiap harinya. itu peraturan dari pelatihku.

A: Wow,you really did working hard on this competition. Your performance is really amzing today, for me next time try to adjust your outfit, it will make you hundred times look more perfect.  Wow, kamu benar – benar sudah bekerja keras untuk kompetisi ini, ya. Penampilanmu hari ini sangat luar biasa, untuk selanjutnya tolong pilih pakaian yang cocok denganmu, itu akan membuatmu seratus kali terlihat lebih sempurna.

B: Thank you, I will write your words in my head.  Terimakasih, saya akan mengingat semua masukan anda.

A: Promise me you will stay, because I want to see you next day on the stage.  Berjanjilah kamu akan tetap bertahan, karena aku ingin melihatmu di atas panggung selanjutnya.

B: I will. Aku akan berusaha,.

Kunci dari memberikan kritikanyang sehat adalah jangan jatuhkan semangat seseorang. Jangan sertakan pujian dan kata “Tapi” bersamaan karna itu hanya mempermainkan perasaan seseorang. Seperti kamu memujinya kemudian menghancurkan segala perasaan senang yang sudah di bangun didalam hati. Kamu bisa mengatakan “sebaiknya kamu..” atau “Untuk kedepannya lebih baik jika…” atau “Akan sangat membantu jika…”

Semoga contoh dialog singkat diatas dapat membantu teman – teman semua dalam mempelajari bahasa inggris secara otodidak. Jangan lupa untuk kembali mengunjungi ruang belajar kami karna kami akan memberikan artikel – artikel yang pastinya sangat membantu kalian semua dalam belajar.

Advertisement
Advertisement