Cara Tepat Memberi Saran dalam Bahasa Inggris : Giving Suggestions / Advice

Diposting pada
Loading...
Advertisement

MEMBERIKAN SARAN( GIVING ADVICE) DALAM BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA – Advice atau dalam bahasa Indonesia kita kenal dengan nasihat merupakan suatu hal yang lazim yang baik sadar ataupun tidak sering kita lakukan terhadap orang lain. Siapa pun dari kita pasti sering memberikan masukan – masukan kecil baik kepada orang – orang sekitar, keluarga, sahabat terdekat, atau di tempat kerja sekalipun. Nah, dalam memberi nasihat itu sendiri kita di tuntut untuk menggunakan bahasa yang sopan, yang tidak akan menyinggung perasaan si lawan bicara.

Dalam berbahasa adab berbahasa itu adalah hal yang paling penting, maka dari itu dalam bahasa Inggris pun memiliki beberpa pilihan kata yang dapat kita gunakan dalam menyampaikan saran kepada orang – orang sekitar. Kali ini kita akan melihat berbagai pilihan kata tersebut:

Advertisement

1. MODAL VERB

Dalam modal verb ada dua macam modal verb yang dapat kita gunakan dalam menyampaikan saran atau nasihat yaitu ‘Should’ dan ‘Ough to “ keduanya dapat digunakaan pada tempat yang sama, memiliki maksud yang sama, namun cara penyampaiannya saja yang sedikit berbeda. Berikut beberapa contoh:

She shouldn’t eat so much noodles dia tidak seharusnya makan banyak mi instan.

You ough to do more exercise on the weekend kamu seharusnya banyak melakukan olahraga di akhir minggu.

He ough not to drink much beer dia seharusnya tidak minum banyak beer.

2. MERUBAHNYA KE DALAM BENTUK PERTANYAAN

Ketika memberi saran maka ada baiknya kita menggunakan sebuah pertanyaan untuk membuat lawan bicara kita mempertimbangkan saran yang kita berikan:

Why don’t you do some exercise? Kenapa tidak kau mencoba melakukan olahraga?

How about doing some Yoga? Bagaimana jika melakukan Yoga?

What about taking English conversation class next month? Bagaimana dengan mengambil kursus percakapan bahasa Inggris bulan depan?

 

3. TEMPATKAN DIRI KITA DI POSISI LAWAN BICARA

Mengapa demikian? Karena dengan menempatkan diri kita pada posisi lawan bicara kita dapat lebih memahami perasaan yang mereka miliki, dengan begitu kita dapat menjelaskan saran kita dengan lebih baik dan lebih jelas lagi.

If  I were you, I would stop dringking beer Jika aku menjadi kamu, aku akan berhenti minum beer.

If I were him, I would read more news to enhance my knowledge jika aku menjadi dia, aku akan banyak membaca berita untuk menambah pengetahuanku

 

4. MEMBERIKAN USULAN

Usulan adalah salah satu dari berbagai cara terbaik dalam memberikan saran.  Usulan sifatnya tidak secara langsung, kamu harus menggunakan verb+ing setelah meletakkan kata ‘suggest’ atau ‘recommend’

I would recommend you doing more exercise on the weekend aku akan merekomendasikan kamu untuk lebih banyak berolahraga di akhir pekan.

I would suggest you buying this book for your kid. Saya mengusulkan kepada anda agar membeli buku ini untuk anak anda.

 

5. MEMBERIKAN USULAN DENGAN CARA YANG LEBIH MEYAKINKAN

Dalam memberi sebuah usulan kita harus dapat membuat lawan bicara yakin dengan perkataan kita. Jadi dalam hal ini kita dapat menggunakan ekspresi ‘you had better…” to do this.

You had better not drink so much beer or you will get fat kamu sebaiknya tidak minum banyak beer atau kamu akan gemuk nantinya

She had better do more exercise before she getting fat Dia sebaiknya lebih banyak melakukan olahraga sebelum dia menjadi gemuk.

 

Begitu indahnya sebuah bahasa, alat komunikasi manusia yang dapat menyambungkan satu manusia dengan manusia lainnya. Bahasa mengantar kita dari satu titik Negara ke Negara lainnya. Betapa hebatnya sebuah bahasa bukan? Hanya dengan sebuah bahasa kita dapat berkeliling dunia, mengenal banyak orang dan budaya.

Dalam sebuah bahasa juga di atur beberapa tutur bahasa yang sopan dalam berkespresi sehingga dapat membantu manusia jauh dari salah paham dan rasa tersinggung akan tutur bahasa yang diucapkan. Ekspresi dalam berbahasa sangat mempengaruhi bagaimana kualitas percakapan itu sendiri, apakah percakapan ini sebuah percakapan yang sehat atau tidak?

Seperti salah satu ekspresi yang sudah kita bahasa di atas merupakan salah satu aturan yang harus kita ikuti ketika ingin bertutur bahasa menggunakan ekspresi dalam bahasa orang lai/ bahasa asing. Semoga pembahasan di atas dapat membantu teman – teman sekalian dalam belajar bahasa Inggris. Jangan pernah menyerah dalam menggali skil – skil baru dalam bidang bahasa Asing.

Advertisement
Advertisement