Cara Membuat Janji dalam Bahasa inggris “Making Appointment”

Diposting pada
Loading...
Advertisement

CARA MEMBUAT JANJI DALAM BAHASA INGGRIS – Bagi beberapa orang pertemuanlah harus di atur di dalam sebua agenda. Orang – orang seperti ini biasanya orang – orang yang memiliki posisi penting dalam pekerjaan mereka. Pertemuan janji bukanlah hal yang asing dalam hubungan antar klien dalam pekerjaan. Agar tidak terjadi kesalah waktu, atau sia – sia waktu, dua belah pihak di haruskan untuk membuat janji yang jelas terlebih dahulu.  Orang – orang yang super sibuk bahkan sampai tidak memiliki waktu kosong dalam 7 hari, agenda pekerjaan mereka silih berganti setiap minggunya.

Dalam pembahasan kali ini kita akan melihat bagaimana cara untuk membuat janji dengan seseorang dalam bahasa Inggris. Sama seperti bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris juga terdapat tata cara terntu yang harus kita patuhi dalam membuat janji temu.

Advertisement

Beberpa pertanyaan yang mungkin muncul di awal perbincangan dalam membuat janji temu misalnya;

Are you available on the 17th?

Can we meet on the 23rd?

Are you free next week?

Would Friday suit to you?

Dan beberapa respon yang dapat kita gunakan adalah;

Yes, Monday is fine/ 17th is fine

I’m fraid I can’t on the 23rd how about 15th ?

Friday would be perfect.

Monday is going to be a little difficult. I’d much prefer Friday, if that’s alright with you.

 

Untuk lebih jelas ada baiknya kita coba lihat contoh singkat percakapan dalam membuat jani di bawah ini:

PERCAKAPAN SATU:

A: I would like to make an appointment for a project meeting. Saya ingin membuat janji untuk pertemuan pekerjaan.

B: Of course, I have Monday or Tuesday available. What day would be best for you? Oh, baiklah, saya punya waktu hari Senin atau selasa.

A: I would like to meet on Monday. Saya ingin bertemu pada hari Senin.

B: Very well then. Are mornings or afternoons best?  Baiklah kalau begitu. Kapan bagusnya kita bertemu pagi atau siang?

A: I want to come in the morning. Saya lebih memilih di pagi hari

B: I will have my assistant check my calendar and get back to you with the exact time. Can you bring me an outline of the project when you come? saya akan menyuruh asisten saya untuk memeriksa skedul saya dan bertemu dengamu di hari yang sudah kita janjikan. Bisa kamu bawa outline projectnya ketika bertemu nanti?

A: Yes, I can bring the outline when I come to the meeting. Ya, saya bisa bawa outlinenya ketika menghadiri pertemuan nanti

B: Do you think that we should include the entire committee in the meeting or just our sub-committee? apakah menurutmu kita harus mengikut sertakan semua komite?

A: I think that we should have just the sub-committee. Saya rasa kita harus mengikut sertakan seluruh komite.

B: OK then, I will make the arrangements for them to attend. there? baiklah kalau begitu, aku harus buat susunan rencana untuk kehadiran mereka.


A: that’s sound great. Bagus lah kalau begitu.

 

PERCAKAPAN 2:

A: When could we meet to discuss the project? Kapan kiranya kita dapat bertemu untuk mendiskusikan pekerjaan ini?

B: I will be available on Monday or Tuesday. Choose which day is best for you. Saya punya waktu kosong pada hari Senin dan Selasa. Pilihlah hari apa yang tepat untukmu.

A: I prefer Monday. Saya lebih memilih hari Senin.

B: Good. Can you come in the morning or would afternoon be best? Baik. Apakah kamu bisa datang di pagi hari atau siang hari?

A: Either one is OK. Keduanya tidak masalah bagi saya.

B: Great! When I check with the others, I will send you an exact time. When you come, be prepared to do your presentation. Baiklah! Saya akan memberitahukanmu waktu yang tepat setelah mengecek jadwal lainnya. Datanglah dengan presentasi yang siap untuk dibacakan.

A: I will be prepared to do my presentation. Saya akan mempersiapakan presentasinya.

B: Who would you like to see there? Just the sub-committee or should we ask the whole committee? Siapa saja yang ingin kau temui dalam pertemuan? Hanya sub- komite atau kita juga harus menyanyakan seluruh komite?
A: Everyone needs to be there. Semua orang harus hadir di sana.

B: That will probably be best. Do you need help with directions? Mungkin itu ide yang bagus. Apakah kamu butuh alamatnya?

A: I think I know where it is. Maybe you could send me directions just to make sure. Saya rasa saya tahu diaman alamatnya. Kirimkan saja saya alamatnya untuk memperyakin tujuan saya nanti.

B: OK. We will e-mail you all the information you need tomorrow. Have a good day! Baik. Kami akan mengrim semua informasi yang kamu butuhkan besok melalui email. Semoga harimu menyenangkan!

 

Semoga contoh percakapan diatas dapat emmbantu kamu dalam belajar bahasa Inggris atau dapat menjadi sumber ketika mendapat tugas percakapan bahasa Inggris. Pastikan kamu kembali lagi dan tetap belajar bersama kami karna kamia akan terus memberikan artikel – artikel yang bermanfaat untuk membantu belajar bahasa Inggris kelian semua. Selamat belajar~

Advertisement
Advertisement