Contoh & Aturan Penggunaan EITHER, NEITHER dan BOTH dalam Bahasa Inggris

Diposting pada

Aturan Penggunaan EITHER, NEITHER dan BOTH dalam Bahasa Inggris – Kalau kita belajar Bahasa Inggris, memang banyak sekali aturan-aturan gramatikal yang harus kita ketahui dan pahami. Tujuannya tentu saja agar kita bisa menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tata bahasa Inggris. Gramatikal bahasa Inggris ternyata tidak hanya persoalan tenses dan aturan-aturannya, akan tetapi penggunaan konjungsi atau kata hubung juga menjadi salah satu bahan yang harus dipelajari dan dipahami agar bisa memahami makna yang dipaparkan dalam sebuah kalimat atau bahkan paragraf dalam Bahasa Inggris.

Salah satu aturan gramatikal yang harus kita ketahui adalah tentang penggunaan Either, Neither dan Both di dalam Bahasa Inggris.

Loading...

Aturan Penggunaan EITHER, NEITHER dan BOTH dalam Bahasa Inggris

“Either”, “Neither” dan “Both” berfungsi untuk menunjukkan hubungan antara gagasan satu dengan gagasan yang lain. Either, Neither dan Both sering kita jumpai dalam satu kalimat atau beberapa kalimat yang menunjukkan korelasi antara gagasan di kalimat pertama dan gagasan di kalimat kedua. Either, Neither dan Both sendiri memiliki makna yang berbeda, tetapi mempunyai fungsi yang serupa, yaitu sebagai konjungsi pasangan. Either, Neither dan Both memasangkan antara dua noun yang setara di dalam kalimat dengan keterangan yang sama. Kita akan memahaminya setelah membahasnya satu persatu.

  1. EITHER

Either berarti “keduanya” dalam bentuk pilihan positif. Konjungsi ini menggabungkan dua ide yang sama tetapi dalam bentuk pilihan. Konjungsi “Either” ini juga ditandai dengan adanya konjungsi “or” dalam kalimatnya, sehingga menyatakan pilihan, salah satu diantara dua pilihan, tetapi bermakna positif. Contohnya adalah:

I will take either chemistry or physics next semester.

Saya akan mengambil antara Kimia atau Fisika semester depan.

Pada contoh kalimat diatas, “either” menjelaskan kedua pilihan yang tersedia, dalam contoh diatas, mata pelajaran Kimia atau Fisika. Either menerangkan bahwa subjek akan mengambil salah satu dari kedua mata pelajaran tersebut di semester depan. Either selalu bersanding dengan konjungsi “or” yang berarti “atau”, baik dalam satu kalimat seperti diatas, maupun dalam sekumpulan kalimat yang masih menjelaskan ide  yang sama. Misalnya:

Would you like a cup of tea or coffee? You can have either.

Apakah Anda ingin memesan secangkir teh atau kopi? Anda bisa memilih salah satunya.

Diatas adalah contoh dua kalimat yang masih memiliki satu ide yang sama. Either pada contoh diatas bermakna “salah satu diantara dua pilihan yang tersedia”, teh atau kopi.

Akan tetapi ada saatnya juga Either tidak menggunakan atau diikuti dengan “or”. Contohnya:

There are two paintings on the wall. I don’t like either.

Ada dua lukisan di dinding. Saya tidak suka salah satunya.

  1. NEITHER

Neither berarti “keduanya” juga, tetapi dalam bentuk negatif atau tidak kedua-duanya dalam pilihan yang tersedia. Konjungsi “Neither” ini juga selalu bersanding dengan konjungsi “nor” yang bermakna “atau tidak” atau “maupun tidak” dalam satu kalimat. Contohnya:

That book is neither interesting nor accurate.

Buku itu tidak menarik maupun tidak akurat.

Neither my mother nor my father is at home.

Baik ibu saya maupun ayah saya tidak ada di rumah.

Pada contoh kalimat pertama, konjungsi “Neither” menjelaskan bahwa buku itu tidak menarik maupun tidak akurat. Pada contoh kalimat kedua,  “neither” menjelaskan bahwa ibu dan ayah keduanya tidak sedang berada di rumah. Perhatikan “nor” yang terletak diantara dua kata benda. “Nor” adalah konjungsi yang menghubungkan antara dua noun atau adjective dalam satu kalimat, yang bermakna “maupun tidak”. Akan tetapi, jika penggunaannya dalam dua kalimat atau lebih, maupun dalam dialog pendek yang masih memiliki satu ide yang sama, “nor” tidak selalu ditemukan. Contohnya:

Anna: Do you want to go to a library or a coffee shop?

Jenna: Neither. I want to stay at home.

Anna: Apakah kamu mau pergi ke perpustakaan atau ke warung kopi?

Jenna: Tidak keduanya. Aku ingin di rumah saja.

  1. BOTH

Both bermakna “kedua-duanya” dalam makna positif. Jika Either bermakna “salah satu dari keduanya” dan Neither bermakna “tidak kedua-duanya”, maka Both ini bisa kita bedakan sebagai “ya kedua-duanya” dalam pilihan yang tersedia. Both selalu ditandai dengan konjungsi penghubung “and” atau “dan” yang terletak diantara dua noun atau adjective yang menjelaskan ide yang sama dalam sebuah kalimat. Contohnya:

This project will take both time and money.

Proyek ini akan menghabiskan baik waktu dan uang.

Both dalam contoh kalimat diatas menjelaskan bahwa proyek itu akan menghabiskan dua hal, waktu dan uang. Bukan menghabiskan salah satunya, tetapi memang menghabiskan keduanya. Perhatikan keberadaan konjungsi penghubung “and” dalam contoh kalimat tersebut. Jika dalam satu kalimat, maka akan sering kita jumpai “both” bersanding dengan “and”.  Akan tetapi, jika dalam dua kalimat atau lebih yang masih menjelaskan satu ide yang sama, mungkin kita akan jarang menjumpai “and”. Contohnya:

Mr. Lambert has two daugthers. Both are currently studying in Australia.

Pak Lambert punya dua orang putri. Keduanya sekarang sedang kuliah di Australia.

Jadi, apakah kita sudah bisa membedakan penggunaan Either, Neither dan Both? Bagaimana cara membuat kalimat dengan menggunakan konjungsi-konjungsi tersebut? Aturannya adalah:

Untuk EITHER dan NEITHER:

Either/Neither + singular noun

Either dan Neither selalu dianggap tunggal atau singular karena bermakna salah satu dan tidak keduanya. Bila diikuti noun, maka noun-nya harus dalam bentuk singular, dan menggunakan auxilary untuk kata benda singular “is”.

Contoh:

We have green tea and black tea. Either tea is nice.

Kami punya teh hijau dan teh hitam. Salah satunya enak.

They have novel book and comic book. Neither book is new.

Mereka punya buku novel dan buku komik. Tak satupun yang baru.

Untuk BOTH:

Both + plural noun

Berbeda dengan Either dan Neither, Both selalu dianggap jamak atau plural. Jika diikuti noun, maka noun-nya harus dalam bentuk plural dan menggunakan auxilary untuk kata benda jamak “are”.

Contoh:

I have visited Malaysia and Thailand. Both countries are wonderful.

Saya pernah berkunjung ke Malaysia dan Thailand. Kedua negara tersebut luar biasa.

Lalu, bagaimana kita bisa membedakan pengertian dari kalimat serupa dibawah?

There are two paintings on the wall. I like either.

There are two paintings on the wall. I like neither.

There are two paintings on the wall. I like both.

Kalimat pertama menyatakan bahwa saya menyukai salah satu lukisan yang ada di dinding. Kalimat kedua menyatakan bahwa saya tidak menyukai lukisan manapun yang ada di dindng. Kalimat ketiga menyatakan bahwa saya menyukai kedua lukisan di dinding.

Selamat belajar!

Loading...