12 Cara Mudah Dan Cepat Belajar Bahasa Inggris Terbukti Ampuh

Diposting pada
Loading...
Advertisement

Kita pernah mendengar bahwa cara terbaik untuk belajar Bahasa Inggris adalah dengan tinggal di lokasi yang benar-benar mengelilingi Anda dengan bahasa tersebut. Tetapi dengan cara yang menyenangkan untuk belajar Bahasa Inggris berikut ini Anda tidak perlu tinggal di negara yang berbahasa Inggris untuk menjadi fasih dalam bahasa Inggris. Kami telah menemukan cara cepat dan mudah untuk mampu berbahasa Inggris, dimana Anda bahkan tidak perlu meninggalkan rumah Anda. Gunakan beberapa tips berikuti ini untuk mendapatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan lebih cepat dan menyenangkan.

Cara Mudah Dan Cepat Belajar Bahasa Inggris

 

Advertisement

1. Kelilingi diri Anda dengan Bahasa Inggris

Anda tidak perlu berada di negara berbahasa Inggris untuk mengelilingi diri Anda dengan Bahasa Inggris. Cukup temukan cara untuk membuat Bahasa Inggris menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari Anda di rumah. Misalnya menulis daftar belanja, membaca koran, mendengarkan radio, atau menulis catatan harian dalam bahasa Inggris. Alternatif koran, Anda bisa berlangganan (subscribe) secara gratis berita-berita online yang berbahasa Inggris dari banyak negara sesuai dengan minat Anda. Selain itu, ada sebagian radio yang bekerja sama dengan radio luar negeri tertentu yang memiliki jam siar berbahasa inggris yang bisa Anda jadikan cara lain untuk belajar Bahasa Inggris. Anda bisa belajar pengucapan sekaligus melatih kemampuan mendengar (listening) Anda.

 

2. Bicara dan bernyanyi sendirian dalam Bahasa Inggris

Ketika Anda sendirian di rumah, atau sedang di kamar mandi, mulailah berbicara atau benyanyi! Nyanyikan lagu Bahasa Inggris yang hanya Anda sendiri yang dengarkan, cobalah berbicara sedikit demi sedikit misalnya tentang cuaca atau topik lainnya. Lakukan dengan sering dan  penguncapan (pronounciation) Anda akan meningkat dengan drastis. Dijamin!

 

3. Temukan cara asyik mempelajari kata-kata baru

Jika Anda suka bernyanyi, temukan kata-kata baru dalam lagu bahasa Inggris favorit Anda. Atau jika Anda mengingat apa yang Anda lihat, tulislah kata-kata baru tersebut pada catatan ‘post it’ dan tempelkan catatan tersebut di rumah Anda. Membuat contoh lucu dalam catatan tersebut akan membantu Anda lebih mudah mengingatnya.

 

4. Buatlah tujuan yang realistis

Berikan pikiran Anda alasan mengapa harus belajar Bahasa Inggris. Misalnya, Anda ingin mendapatkan promosi pekerjaan, supaya bisa berbicara dengan orang asing, supaya Anda bisa belajar ke luar negeri, atau dengan alasan liburan berikutnya akan Anda habiskan di negara berbahasa Inggris. Aturlah jangka waktunya sehingga Anda bisa melihat seberapa jauh Anda membuat kemajuan.

 

5. Carilah teman berbahasa Inggris.

Meskipun Anda tidak tinggal di negara berbahasa Inggris, mungkin ada banyak orang asing yang tinggal di sekitar Anda yang bisa Anda ajak saling bertukar bahasa. Lebih ekstrim lagi, Anda bisa menjadi relawan pemandu wisata untuk objek wisata lokal. Secara tidak langsung, Anda harus lebih memahami objek wisata tersebut dan bagaimana menyampaikannya dalam bahasa Inggris.

 

6. Carilah teman belajar.

Jika Anda tidak memiliki orang asing di sekita Anda, cobalah temukan teman yang memiliki minat yang sama untuk belajar Bahasa Inggris. Anda bisa saling membentuk klub bahasa Inggris dan bertemu secara teratur untuk berbicara bahasa Inggris. Anda bisa memotivasi satu sama lain, dan Anda bisa belajar dengan membantu orang lain memecahkan masalah mereka.

 

7. Online

Buatlah kontak dengan orang-orang di seluruh dunia melalui forum, atau kursub bahasa inggris online, atau temukan teman online untuk melatih bahasa Inggris Anda sambil mempelajari tentang perbedaan kebudayaan. Dengan media sosial, akan lebih mudah untuk terus berhubungan dengan teman-teman di manapun mereka berada.

 

8. Dengarkan Bahasa Inggrisnya

Latihlah telinga Anda untuk mengdengarkan Bahasa Inggris yang diucapkan dengan kecepatan normal, meskipun Anda tidak paham sedikitpun. Latih juga pendengaran Anda dengan mendengar tetapi tidak melihat teksnya, dan tidak apa-apa jika Anda mendengarkannya berulang-ulang, karena biasanya kosa kata menarik akan muncul dari sana. mudah sekali menemukan audio dan video berbahasa Inggris. Anda bisa berlangganan (subscribe) siaran berita di Youtube. Mengapa siaran berita? Karena cenderung lebih sedikit menghasilkan komentar negatif yang bisa membuat proses belajar Bahasa Inggris Anda terganggu. Dengan berlangganan siaran berita, secara tidak langsung pengetahuan Anda tentang dunia juga ikut maju selangkah lebih baik.

 

9. Pelajari Budaya

Cari tahu tentang kehidupan dan budaya yang ada pada masyarakat di negara-negara berbahasa Inggris. Belajar bahasa bukan hanya tentang tata bahasa (grammar) dan kosa kata(vocabulary), tetapi juga tentang berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki cara berfikir yang berbeda.

 

10 Bicaralah!

Tidak peduli seberapa malu Anda karena tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik, paksakan diri Anda untuk berbicara.

Ketika Anda membantu para turis yang tersesat, mereka tidak akankeberatan Anda berjuang berbahasa Inggris untuk membantu mereka. Setelah kelas bahasa Inggris Anda berakhir, bicaralah dengan guru atau dosen tentang bantuang yang Anda butuhkan dengan kemajuan berbahasa Inggris. Cobalah memberi barang online dari luar via telpon, atau gunakan dukungan pelanggan dalam bahasa inggris. Tiak masalah jika Anda berbicara perlahan-lahan. Anda belajar, dan itu sangat wajar.

 

11. Apapun yang Anda lakukan, bersenang-senanglah!

Belajar bahasa jangan dijadikan sebuah pekerjaan, tetapi akan lebih mudah untuk mempelajarinya jika Anda menikmati aktifitas itu. Seperti dengan bermain game, mengerjakan teka-teki siliang, menyanyikan lagu, membaca komik, daan jangan khawatir jika Anda membuat kesalahan—membuat kesalahan itu adalah cara terbaik untuk belajar!

 

12. Bonus Tips: Ketika melihat film berbahasa Inggris terbaru, carilah judul aslinya.

Terjemahan kadang tidak sesuai dengan isinya, cari tahu apa pengertian dari judul aslinya. Tanyakan pada diri anda sendiri apakah terjemahan tersebut masuk akal. Apa jaitannya dengan film tersebut. Anda tidak akan pernah lupa kata-kata baru yang Anda temukan terkait dengan film yang mungkin juga tidak akan Anda lupakan. Biasanya metode ini berkerja dengan baik!

Advertisement
Advertisement